Pages

Selasa, 22 November 2011

virus menyerang system32

hati – hati dengan tema
Tema memang membuat tampilan lebih indah dan variatif, tapi dibalik keindahan itu terkandung misteri yang bisa membuat kita pusing. Sekedar share pengalaman aja sih, kepengen memodifikasi tema windows 7 dengan tema hasil download. 
Dalam tema tersebut terdapat aplikasi loader yang berfungsi mengubah ikon start menu menjadi gambar favorit kita. Hal ini pun saya coba, namun ternyata setelah saya coba loader dan  memilih ikon start dari hardisk saya, muncul peringatan dari antivirus kalau explorer.exe pada system32 saya sudah terinfeksi virus. 
Kalau sudah begini mau gimana lagi coba? antivirus juga otomatis mengkarantina explorer.exe pada system32 saya. 

Hal menjengkelkan selanjutnya adalah saat saya restart komputer, yang muncul setelah tulisan welcome di windows 7 bukanlah dekstop, tapi layar nan hitam (tidak berbeda dengen komputer yang sedang mati)


Tapi masih untung task manager masih bisa dijalankan pada saat komputer, dan komputer pun bisa di restart secara damai. Jika hal ini juga terjadi pada anda semua, saya punya tips yang merupakan solusi masalah ini.
  1. Bagi pengguna windows 7 dan windows vista, anda bisa melakukan system restore. baik itu menggunakan DVD Installer windows anda atau DVD Recovery yang sudah anda siapkan. Lakukan Restore ke tanggal atau waktu yang agak jauh dari saat anda memasang tema tersebut.
  2. Bagi pengguna Windows XP anda bisa melakukan repair langsung menggunakan CD Installer , baik menggunakan repair setup atau recovery console

Demikian share pengalaman saya kali ini, semoga bisa membantu yang sedang membutuhkan. Disini saya juga mengingatkan, segera backup windows anda ke DVD untuk jaga – jaga jika terjadi kasus seperti ini atau kasus lainnya yang membutuhkan recoveri, repair atau system restore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar